Kamis, 08 November 2012

Tips Memanggang Kue Kering Lidah Kucing


 
Membuat kue kering dengan hasil yang baik seperti yang kita harapkan memang tidak bisa didapat dengan hanya sekali buat langsung berhasil.  Seperti pengalamanku membuat kue kering dimulai dengan mempelajari resep-resep dari beberapa sumber seperti tabloid, majalah, sampe rajin nonton acara masak memasak di televisi.

Dari semua resep yang pernah aku coba, rata-rata nggak langsung berhasil begitu saja, butuh kesabaran untuk praktek dan praktek lagi .... sampai didapat hasil yang sesuai dengan keinginan kita, atau pake istilah kerennya "Trial and Error" :-)

Berikut ini saya bagikan tips memanggang kue kering lidah kucing agar nggak lengket di cetakan setelah proses memanggangnya selesai :

1. Sebelum adonan masuk dalam cetakan, terlebih dulu oleskan margarin pada cetakan memakai kuas. Fungsi margarin selain untuk memudahkan mengeluarkan kue kering dari cetakan saat sudah matang, juga supaya adonan bisa melebar sempurna.
2. Panggang kue kering lidah kucing dengan api kecil, supaya sisi pinggirnya nggak cepat gosong dan matangnya bisa merata (Waktu memanggangnya +/- 45 menit).
3. Setelah matang, keluarkan cetakan dari oven dan biarkan sekitar 10 menit, kemudian lepaskan kue kering lidah kucing dari cetakan menggunakan alat pencungkil atau sejenisnya (Jika kue dikeluarkan dari cetakan dalam kondisi masih panas dikhawatirkan akan patah, karena tekstur kue kering lidah kucing agak RAPUH).
4. Bersihkan cetakan dengan lap kering, ulangi langkah No.1 untuk proses selanjutnya.

Demikian tips yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat bagi anda semua.

>>> Sumber : Pengalaman Pribadi